Kapan Harus Bertemu Dokter?


Adalah hal yang wajar dan lumrah bagi setiap pasangan suami istri untuk bisa memiliki keturunan. Namun sayangnya tidak semua pasangan suami istri bisa memperoleh buah hati dengan mudah.

Ada yang sangat mudah dikaruniai momongan, namun ada yang harus berusaha untuk bisa hamil dan melahirkan, dan ada pula yang harus berjuang ekstra keras untuk mendapatkan buah hati. .

Nah, kapan sih, pasangan suami istri belum punya anak ini harus menemui dokter?

 

Kalau dalam 1 tahun menikah dengan riwayat berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi apapun, namun belum juga hamil, sebaiknya jangan ditunda lagi untuk menemui dokter. Semakin dini diketahui penyebab infertilitasnya, semakin baik. Pengobatan bisa segera dilakukan untuk memperbaiki kesuburan pasangan tersebut.

 

Segeralah bertemu dengan dokter ahli kandungan dan kebidanan. Sebaiknya kedua pihak harus berkonsultasi, karena infertilitas terjadi tidak hanya pada istri saja, suami bisa saja infertil, atau malah kedua belah pihak infertil. Carilah pertolongan profesional untuk mengetahui kondisi masing-masing.

 

Pemeriksaan awal biasanya dilakakukan pada istri untuk mengetahui kondisi rahim, riwayat kehamilan/keguguran sebelumnya, tekanan darah, berat badan, siklus haid dsb.

Kemudian dokter akan memberikan resep dan jadwal kapan saja harus berhubungan.

Bila dlam 3-4 bulan tidak terjadi kehamilan, maka suami harus diperiksa juga. Dokter akan memberikan pengantar ke rumah sakit atau laboratorium klinik untuk test sperma. Hasil pemeriksaaan tersebut harus dikonsultasikan dengan dokter.

 

Jika tidak ada gangguan kesuburan yang serius, diharapkan sudah terjadi kehamilan dalam 6 bulan.

 

So, jangan tunda ketemu dokter ahli jika Anda mempunyai gangguan kesuburan /sulit hamil atau mengalami keguguran berulang.

Dana bisa dicari, tapi umur kita jalan terus (dan tak bisa kembali), semakin tua usia perempuan, maka kualitas sel telurnya pun semakin berkurang…

 

..hima..

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: