Ini Bukan Salahmu, Sayang…

Orang-orang dahulu hampir selalu menyalahkan pihak perempuan jika mereka tak kunjung hamil dan melahirkan. Pihak istri selalu berada pada pihak yang ”salah” dalam hal ini.

Pada kasus yang lebih ekstrem, kadang ada suami yang tega meninggalkan istrinya atau mencari istri baru dengan dalih istri pertama mandul dan tak bisa memberikan keturunan.

 

Yah, jaman sudah berubah kawan… siap atau nggak siap kita toh harus berhadapan dengan perubahan. Sekarang sudah banyak penemuan dan penelitian terbaru bahwa infertilitas/ ketidaksuburan tidak melulu ada di pihak istri. Pihak suami pun bisa saja mengidap salah satu gejala ketidaksuburan.

Come on..! terbukalah… !

Bersama-sama carilah penyebab infertilitas dan pengobatan apa yang tepat untuk diterapkan. Perhatian dan dukungan positif dari pasangan sangat diperlukan. Komunikasi yang baik menjadi hal utama dalam hal ini.

Jika sudah diketahui penyebab infertilitas pada pasangan suami istri, mulai sekarang, seharusnya masing-masing mendukung pasangannya agar tak patah semangat dalam menjalani terapi atau pengobatan.

 

Tidak ada gunanya mencari siapa yang salah dalam hal ini, karena ketidaksuburan ini bukan salah kita. Entah karena penyakit, faktor keturunan, kecelakaan atau (pernah) salah treatment/pengobatan, TAK ADA SATUPUN yang menginginkan dirinya menderita ketidaksuburan, kan?

Sekaranglah saatnya untuk mendukung pasangan kita sepenuh hati. Katakan hal-hal yang positif yang membuatnya tetap bersemangat.

”Ini bukan salahmu, Sayang… ”. Ungkapan ini akan membuat pasangan kita tak terbebani rasa bersalah.

”I still love you, Honey… ”. These 5 words are magic!

 

Jenis pengobatan atau treatment apapun haruslah dibicarakan kedua belah pihak supaya menjadi keputusan bersama dan apapun hasil pengobatan tersebut dapat diterima bersama. Dokter pun pasti akan menjelaskan tahap-tahap yang harus dilalui dan meminta persetujuan pasangan tersebut. Diharapkan,  tidak ada pihak yang menyalahkan atau harus merasa bersalah apapun hasilnya..

 

Hima.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: