HSG (Hysterosalpingography)

Apa sih HSG itu?

Hysterosalpingography, disingkat HSG adalah pemeriksaan terhadap pasien perempuan yang diduga mengalami infertilitas. Pemeriksaan HSG ini dilakukan dengan cara memasukkan cairan kontras ke dalam rongga rahim dan saluran telur melalui vagina dengan alat khusus (kateter). Kemudian pasien akan difoto rontgen setidaknya 5 x.

*foto 1: keadaan awal sebelum kontras dimasukkan

*foto 2: sesaat setelah alat kateter dimasukkan untuk mengetahui kateter sudah berada pada posisi yang tepat.

*foto 3: saat cairan kontras dimasukkan.

*foto 4: pasien dimiringkan ke kiri untuk melihat tumpahan cairan kontras pada tuba kiri.

*foto 5: pasien di miringkan ke kanan untuk melihat tumpahan cairan kontras pada tuba kanan.

Catatan: jika ditemukan hal lain, dokter mungkin akan memfoto beberapa kali lagi.

 

 

Untuk apa HSG itu?

  1. Untuk melihat bentuk, ukuran dan struktur rahim.
  2. Untuk melihat ada tidaknya sumbatan pada kedua tuba falopi (saluran telur)
  3. Mendeteksi gangguan pada rahim, misalnya ada kista, polip, mioma atau ketidaknormalan rahim lainnya yang dapat mengganggu kehamilan, menyebabkan keguguran berulang atau penyebab infertilitas.
  4. HSG juga berfungsi sebagai tindakan pengobatan. Dengan adanya cairan kontras yang dimasukkan, diharapkan akan ada daya dorong yang dapat membuka sumbatan /perlekatan yang ada. Catatan: kasus perlekatan ringan.

 

Kapan HSG dilakukan?

HSG dilakukan pada hari 9-12 haid, dengan pertimbangan, telah selesai haid dan bersih dari sisa-sisa pendarahan menstruasi. Pada rentang waktu ini, belum terjadi ovulasi sehingga belum ada sel telur yang dilepaskan, sehingga obat tidak akan mengganggu kualitas sel telur yang akan dilepaskan. Dalam bahasa sederhana,  PASIEN TIDAK DALAM KONDISI HAMIL.

 

Yang perlu diperhatikan adalah, sebelum pemeriksaan HSG, pasien setidaknya 2 hari sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual, jadi tidak ada luka atau pendarahan akibat berhubungan badan.

 

Siapa sih yang melakukan pemeriksaan HSG?

Pemeriksaan HSG ini dilakukan oleh dokter ahli radiologi (Sp. Rad), dibantu oleh asistennya yang mengoperasikan alat rontgen/memfoto pasien. Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit atau Lab Klinik yang mempunyai fasilitas radiologi.

Sebelum pemeriksaan dilakukan, dokter akan menanyakan pada pasien riwayat alergi obat atau antibiotik tertentu.

OK, banyak pasien akan merasa tidak nyaman atau malu saat diperiksa oleh dokter laki-laki. Bilamana memungkinkan, pasien bisa menanyakan apakah bisa diperiksa oleh dokter perempuan.

 

Bagaimana rasanya?

Ada rasa tidak nyaman saat kateter dimasukkan. Pada saat cairan kontras dimasukkan, kita akan merasakan mulas yang mengganggu. Cairan kontras disemprotkan sebanyak 3x dengan disertai rasa mulas. Tetap tenang, jangan panik. Tarik nafas dalam-dalam untuk sedikit mengurangi rasa mulasnya.

Selama proses pemeriksaan ini, dokter akan memberikan instruksi kapan pasien harus menarik nafas, menahan nafas dan bernafas biasa. Dokter juga akan membantu memposisikan kaki pasien saat miring ke kanan dan miring ke kiri.

Jadi jangan sembarang miring yaa… intinya, menurut saja pada dokter.

Jangan kuatir dokter akan macem-macem, sentuhannya adalah sentuhan profesional yang harus dilakukannya untuk membantu menegakkan diagnosa atas gangguan yang kita alami.

Berita bagusnya adalah, pemeriksaan ini tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, sekitar 15 sampai 20 menit, dan pasien bisa langsung pulang.

 

Diagnosanya apa saja?

Dari hasil foto rontgen akan terlihat apakah cairan kontras tumpah atau terhambat. Jika cairan tumpah/tidak terhambat, berarti saluran telur normal atau dalam istilah kedokteran disebut patent.

Jika cairan terhambat, berarti saluran telur mengalami sumbatan, atau  nonpatent.

Jika terlihat cairan kontras yang menggelembung, besar kemungkinan terjadi hydrosalphing, dan hal ini memerlukan tindakan khusus.

Sebagai orang awam, kita nggak tahu ya, apa arti foto dan kesimpulan diagnosa dokter yang penuh dengan istilah medis.

Nah, pasienlah yang harus cerewet saat berkonsultasi dengan dokter fertilitas.

 

Ada keluhan?

Setelah pemeriksaan selesai, kita akan diberi selembar pembalut wanita. Kalau lebih percaya pada pembalut dengan merek tertentu, sebaiknya membawa sendiri dari rumah. Akan terjadi sedikit pendarahan /bercak darah dan sisa obat kontras selama 2-4 hari.

Sebaiknya menghindari berhubungan badan selama masih berbercak.

Pasien akan merasakan nyeri  pada perut dan rasa tidak nyaman pada rongga panggul sampai beberapa jam setelah pemeriksaan. Dokter akan memberikan 1 butir obat penahan sakit (pain killer) yang dimasukkan lewat anus.

Beberapa pasien mungkin akan mengalami reaksi alergi pada obat/cairan kontras. Berkonsultasilah pada dokter.

 

 

Cairan kontras itu berbahaya nggak sih bagi tubuh?

Nggak lah. Cairan itu aman jika digunakan sebagaimana mestinya dengan dosis tepat dan dilakukan oleh tenaga profesional yang berkompeten di bidangnya. Kecuali kalau terjadi alergi, nah, itu lain soal.

Cairan kontras itu juga berfungsi untuk menembus sumbatan ringan di tuba falopi. Lalu, dia dikeluarkan dari dalam tubuh. Tubuh kita sangat cerdas kok untuk mengeluarkan benda asing tersebut…

 

Catatan: dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi dan artikel yang saya sarikan dari sumber ini.

Hima.

Leave a comment

15 Comments

  1. santi

     /  January 16, 2013

    Kira2 berapa ya biaya untuk cek HSG? Trims.

    Reply
    • tahun 2012 sekitar Rp 750.000,- Mbak.. itu di lab klinik Pr*mita Bandung.. mungkin sedikit beda dengan lab klinik dan kota-kota lain ya Mbak…

      salam,
      hima

      Reply
  2. nurmeiny

     /  February 17, 2013

    saat dilakukan hsg sy tdk merasakn nyeri ataupun sakit..tetapi sy alergi mata saya bengkak..dokter mendiagnosa sy alergi obat pereda nyeri yg dimasukkan lwt anus…menurut dokter hsl hsg bagus.

    Reply
    • Salam kenal Mbak Nurmeiny… sebelum pemeriksan HSG, radiolognya tanya kan Mbak ada riwayat alergi obat-obatan tertentu? atau alergi makanan?

      Reply
  3. Ani

     /  February 22, 2013

    Hari ini aq br hsg,n smp sore rasanya msh mules bgt.pas hsg td emg mulesnya luar biasa smp netesin airmata.alhamdulilah hasilnya kdua tuba patent,g ad kista,tumor,or miom.artinya aq sht.aq tes di bhakti yudha dpk 561rb.klo dihermina sktar 850 klo biotes 900.jd aq ambl yg plg murh toh pnanganan sma cm krn biotes n hermina adlh lab n RS trkenal aj jd mhal

    Reply
    • Syukurlah hasilnya bagus ya Mbak Ani… pilihan pasien atas laboratorium klinik yg dipilih memang murni hak pasien atas beberapa pertimbangan, misalnya karena biaya, jarak dsb..

      Tapi beberapa dokter merujuk pada lab klinik yang bagi kita “terkenal”, populer dan “mahal” karena lab-lab tersebut sudah sesuai dengan standar WHO terkini, yang selalu mengalami uji kelayakan setiap 2-5 tahun, dengan tenaga medis profesional dan alat-alat yang sudah disetujui WHO.
      Jadi kalau dokter merujuk pada lab-lab tersebut, ya sebaiknya diikuti saja, daripada harus mengulang lagi karena dokter meragukan hasil lab yang belum berstandar WHO..

      salam,
      hima

      Reply
  4. yeni

     /  March 14, 2013

    saya semalam melakukan tes HSG, rasa tidak nyamanya agak luar biasa, dan setelah selesai (sampai rumah), sakitnya makin menjadi2. tp dr tadi pagi sudah jauh berkurang rasanya. mungkin karena saya panik dan takut saja.

    Reply
    • Amel

       /  April 11, 2014

      aku kemarin juga begitu kok mbak… mulesss banget ya… aku sampek lemess mau pingsan
      tapi begitu bisa tidur.. bangun dah baikan kan ya…

      Reply
  5. sari gulo

     /  October 7, 2013

    kl sedang keputihan apa boleh melakukan HSG ??? atw hrus sembuh dulu keputihan nya baru HSG ???

    Reply
    • Dear mbak Sari,
      dari pengalaman saya, (mengikuti anjuran dokter), Sebaiknya HSG dilakukan setelah haid bersih dan belum berhubungan seks dengan suami, agar jelas bahwa cairan di V bukan berasal dari sisa-sisa cairan semen suami.
      Nanti dokter akan lihat cairan yg keluar itu keputihan atau bukan.

      salam,
      hima

      Reply
  6. Amel

     /  April 11, 2014

    Pengalaman saya HSG 2011 kemarin masih lekat di ingatan
    Pada saat di HSG sih baik2 saja
    Dokternya juga friendly bgt deh… susternya juga,, ngajak ngobrol terus karena pasien nggak boleh tegang
    Dan benar… saya tegang sedikit saja.. cairannya susah masuk tapi begitu saya rileks cairannya sukses masuknya
    Dan waktu itu suami boleh masuk ke ruang ,,, jadi suamiku meemani aku terus disampingku
    Ini membantu banget lho… sangat membantu kita jadi tenang gak cemas n gak takut

    30 menit pasca HSG sih gak seberapa terasa mules… cm dikit tapi bisa ditahan
    TAPI setelah 1 jam…. WOOOOOOW rasanya masyaallah
    Suuuuaaakiit mulessss banget… aku sampek mau pingsan sudah lemes nggak ada tenaga
    Tapi untungnya kemudian aku bisa tidur… bangun tidur sudah hilang deh mulesnya

    trus besoknya keluar darah & mungkin sisa cairan tadi
    Pas kedokter pembacaan hasilnya… syock lagi karena terindikasi tubaku yg kiri non patent… dan tuba yang kanan ada indikasi pembengkakan

    Tapi alhamdulillah…. dari hasil Lo kemarin bisa melegakan hati karena ternyata yg bikin tubaku kemarin tersumbat bukan karena infeksi tetapi kista yang menggencet tuba.. alhamdulillah

    Reply
    • Dear Mbak Amel…
      pasti pengalaman yang nggak mudah terlupakan ya… semoga ke depannya selalu sehat-sehat dan baik semuanya, segera mendapatkan yang dirindukan…

      salam,
      hima agnezita

      Reply
      • maaf tapi ini sekedar mau bagi pengalaman, kemarin tgl 13 bulan sept. 2014 sy sdh hsg dan sebelum sy hsg sy lupa bertanya sama dokter apa efek setelah hsg.. soalnya setelah hsg selalu keluar cairan bahkan darah layaknya org datang bulan, pusing, dan mual… tolong dongg masukannya….

    • chika

       /  April 8, 2015

      truss kk d oprsi th..

      Reply
  7. endang

     /  April 12, 2015

    Salam knal mba hima,,,,
    Tgl 9 april sy HSG,,pas dipasang katetet agak sakit,tp pas cairan dimasukkan kok gak kerasa apa2 y

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: