Ya Tuhan, saya lelah sekali…

Like a Roller Coaster!

Sebelum memasuki program bayi tabung, dokter konsultan fertilitas dan embryologist saya berpesan, bahwa selama mengikuti proses ini, rasanya akan seperti roller coaster. Semangat yang terus naik, naik naik… terus naik … karena adanya harapan baru, hasil yang bagus setiap check up

Tapi harus juga diigat bahwa program bayi tabung tetaplah merupakan usaha manusia, selebihnya Tuhanlah yang mengatur. Tingkat keberhasilan bayi tabung memang bisa dibilang relatif tinggi, tetapi tetap saja ada faktor-faktor tak terjelaskan yang beresiko pada kegagalan bayi tabung ini.

Nah, di sini diperlukan pemikiran sehat dan kesiapan mental yang kuat. Memutuskan mengikuti bayi tabung memang memerlukan persiapan dana yang tidak sedikit, juga persiapan mental yang benar-benar matang. Apapun hasilnya harus dapat diterima dengan baik.

Tanggal 18 Maret 2012 lalu dilakukan Ovum Pick Up, hasilnya sangat minim, hanya ada 3 oosit. Dan satu diantaranya abnormal. Kemudian 2 oosit yang normal dilakukan ICSI.

Sehari berikutnya, saya menerima kabar buruk. Proses IVF saya harus berhenti, tidak bisa dilanjutkan ke tahap berikut karena tidak terjadi pembuahan sama sekali.

Saya benar-benar kecewa. Saya menahan isak dan sedu sedan saat mendengarkan penjelasan embryologist.

Beribu tanya tak terjawab. Yang saya inginkan hanyalah pelukan.

Hari-hari berikutnya saya merasa kelelahan luar biasa. Saya tak bersemangat melakukan apapun. Beberapa hari saya hanya bisa berbaring dan berisitirahat..

Ya Tuhan, saya benar-benar lelah….  lahir dan batin…

hima

Next Post
Leave a comment

1 Comment

  1. Segitu doang? Lah… gue?? « A Little Cup of Happiness

Leave a Reply

