I’m not just a number of percentage….

Jujur ya, saya sebeeelll banget setiap kali mendengar atau membaca prolog sebuah talk show/seminar  dan buku yang mulai membahas “sekian persen dari pasangan usia produktif mengalami masalah ketidaksuburan…”.

…sekian persen dialami oleh istri…

…sekian persen dialami oleh suami…

…sekian persen dialami oleh kedua belah pihak…

Apalagi kalau pilihan katanya kurang pas. Saya pernah membaca buku, yang mengatakan sekian persen masalah ketidaksuburan disebabkan oleh pihak istri/suami/kedua belah pihak..

Haloooo…. saya rasa nggak ada yang ingin secara sengaja menyebabkan masalah ketidaksuburan, baik itu pihak istri maupun suami.

Yah, meskipun saya dan suami mempunyai masalah ketidaksuburan dan membutuhkan bantuan profesional, saya ingin dianggap sebagai manusia secara utuh, ditanggapi secara personal dengan human touch yang membuat kami nyaman, –bukan sekedar angka persentase.

Setiap pasien berbeda, unik dan masalah medis yang dihadapinya pun pastilah berbeda-beda.. nilai prosentase hanyalah angka matematis yang menurut saya tidak menyumbang solusi apapun terhadap masalah ketidaksuburan.

hima

Leave a comment

Leave a Reply

